Saturday, April 4, 2015

Keajaiban dan Manfaat Kulit Pisang

Keajaiban Dan Manfaat Kulit Pisang - Kulit pisang kerap menyebabkan banyak orang terjerembab ketika menginjaknya, makanya dicap sebagai sampah yang menjengkelkan. Sekalipun sebetulnya manfaat kulit pisang bukan cuma untuk membuat orang terjatuh. Dimulai dari menyembuhkan kutil sampai membuat sepatu mengkilap bisa ditangai kulit pisang. Satu diantara manfaat kulit pisang lainnya ialah menjernihkan air. Berdasarkan suatu penelitian yang diterbitkan pada jurnal Industrial & Engineering Chemistry Research, kulit pisang mampu memfilter logam berat khususnya tembaga dan timbal. 





Pada riset itu, kulit pisang yang difungsikan tak diperlakukan khusus tetapi cuma diiris kecil-kecil kemudian ditempatkan dalam air tercemar. Irisan kulit pisang tersebut dapat dipakai sampai 11 kali dengan tidak menurun kesanggupannya menyerap cemaran logam berat dalam air. Tidak sedikit manfaat kulit pisang yang lain di samping untuk memurnikan air antara lain ialah :

1. Menanggulangi gatal-gatal pada kulit

Gatal yang disebabkan gigitan serangga ataupun alergi ringan dapat ditanggulangi menggunakan kulit pisang. Langkahnya hanya dengan menempelkan kulit pisang pada kulit yang menderita gatal-gatal tadi.

2. Mengurangi rasa nyeri

Kandungan minyak nabati pada kulit pisang memiliki zat tertentu yang berguna untuk pereda rasa nyeri. Dengan menempelkan kulit pisang bagian dalam yang bersih dan segar guna meredakan nyeri akibat luka bakar ataupun tergores.

3. Menyegerakan penyembuhan luka

Kondisi luka yang mulai mengering akan terasa gatal sebab terdapat lapisan kulit mati yang keras. Lapisan kulit mati itu dapat disingkirkan lebih cepat cukup dengan mengusapkan kulit pisang, yang kemudian akan bereaksi dengan enzim yang ada di dalamnya.

4. Menyembuhkan kutil

Manfaat kulit pisang dipercaya memiliki efek anti-virus, oleh karena itu banyak yang memanfaatkannya untuk menghalau kutil yang muncul di kulit. Langkahnya dengan menutupkan kulit pisang pada kutil, kemudian direkatkan menggunakan plester dan didiamkan sampai kutil menyusut dan akhirnya hilang.

5. Membuat subur tanah

Tak cuma untuk bahan pembuatan pupuk kompos, kulit pisang pun dapat ditimbun langsung ke dalam tanah guna membuat subur tanaman. Kulit pisang mempunyai kadar senyawa Kalium yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tanaman.

6. Membuat sepatu mengkilap

Tak usah risau bila anda sewaktu-waktu kehabisan semir sepatu, dengan syarat anda mempunyai pisang di kulkas. Ambil kulitnya dan gunakan untuk menggosok sepatu kulit supaya terlihat berkilau layaknya disemir.

7. Membuat kilap tanaman hias

Bermacam tanaman hias sejenis anthurium, gelombang cinta dan semacamnya akan lebih cantik kalau dedaunannya terlihat hijau mengkilap. Fungsikan bagian dalam kulit pisang yang lembut untuk menggosoknya, maka daun-daunan itu akan mengkilap dan awet.

8. Membuat putih gigi

Poleskan kulit pisang ke gigi anda tiap hari dalam waktu kira-kira seminggu untuk memperoleh tampilan gigi yang putih mengkilap dengan alami.